20 cara mempercepat kinerja komputer dengan mudah
Aku Pasti Bisa

20 cara mempercepat kinerja komputer dengan mudah


20 cara mempercepat kinerja komputer dengan mudah - 
Hari ini saya akan berbagi 20 cara berguna yang tidak diragukan lagi akan membantu Anda dalam meningkatkan komputer Anda yang lambat/lemot . Cara ini tidak sulit dan pastinya 100% berhasil.
Apakah PC Anda berjalan dengan lambat? Ingin mempercepat PC Anda. Saya sudah menyiapkan metode untuk membuat komputer Anda lebih cepat. Dalam peningkatan teknologi, terkadang beban kerja pada sistem akan dua kali lipat dan kadang-kadang sistem tidak dapat mengontrol beban kerja ini dan akibatnya, PC kita menjadi lambat. Hal ini sering terjadi saat memori beban melebihi sistem RAM.

20 cara mempercepat kinerja komputer dengan mudah yaitu :

#1  Menutup Program System Tray













Biasanya, sebagian besar aplikasi yang berjalan pada komputer Anda muncul di system tray atau Anda dapat mengatakan area notifikasi. Jika Anda melihat ada aplikasi yang berjalan di system tray Anda yang tidak perlu maka Anda hanya bisa menutupnya! Ini pasti akan membuat PC Anda berjalan lebih cepat. 

#2 Uninstall bloatware 










 




Bloatware adalah pra-instal aplikasi yang datang dengan perangkat Anda. Anda dapat menghapus aplikasi yang Anda tidak ingin lagi! Anda akan menemukan banyak bloatware dalam daftar program Anda. Anda dapat mencoba beberapa uninstaller premium untuk menghapus aplikasi yang membandel.

#3 Menonaktifkan Aero Theme pada Windows Theme
Pada windows 7, salah satu keunggulan yang diberikan oleh sistem operasi ini adalah aero theme, yang membuat setiap themes windows memiliki animation sendiri ketika terbuak. Meskipun menarik, namun hal ini tentu saja dapat memakan RAM, sehingga dapat menyebabkan proses startup menjadi lambat. Karena itu, anda dapat mencoba untuk menonaktifkan fitur ini di dalam windows anda. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :
> Masuk ke desktop,klik kanan pada desktop Pilih personalization
Pada bagian bawah, klik Windows Color










> Pada jendela color, hilangkan tanda centang pada bagian enable window transparency.



 








#4 Nonaktifkan Fitur Windows yang tidak digunakan
Ketika Anda menginstal Windows 7, Windows 8 dan Window 10 dengan pengaturan default maka Anda menginstal beberapa fitur dan layanan yang tidak terpakai di sistem anda, yang user biasa tidak pernah menggunakan program dan layanan ini di sistem operasi Windows. Tetapi Anda dapat menonaktifkan fitur yang tidak terpakai. Ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Control Panel dan Klik Uninstall Program Di sisi kiri, Anda akan melihat Fitur Windows pilihan dan Anda perlu untuk mengklik pada itu.Pilih satu per satu program dan layanan yang tidak Anda inginkan dari windows Anda.
















  #5 Uninstall Program yang tidak digunakan


  










Kadang-kadang program bisa terinstal pada komputer kita tanpa perintah atau pemberitahuan terlebih dahulu dan program-program ini dapat mempengaruhi kecepatan PC lebih baik adalah untuk menghapus program yang tidak perlu ini. Dengan menguninstall program-program ini, ruang disk memiliki banyak ruang kosong dan ini akan mempercepat komputer Anda. Untuk menghapus, hanya pergi ke panel kontrol dan pilih Program dan Fitur. Sekarang menghapus program yang tidak Anda inginkan pada komputer Anda.


#6 Custom Virtual Memory
Meskipun perannya tidak sebesar RAM, virtual memory ini dapat membantu meningkatkan kinerja komputer anda. Untuk mengatur seberapa besar virtual memory yang anda gunakan, Anda bisa dengan menekan tombol Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings.

Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.














Pindahkan lagi ke tab Advanced, kemudian pilih Change pada menu Virtual memory lalu pilih change


 













lalu Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pilih Custom size dan tentukan berapa besar jumlah memory virtual yang di inginkan. Untuk maximum size bisa anda isikan 2X Initial size. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK.












 
#7  Mematikan suara pada saat startup
Ternyata, penggunaan suara pada saat melakukan startup, sedikit banyak juga dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya startup dari sebuah komputer. Jadi, untuk mempercepat startup pada komputer anda, anda mungkin bisa mencoba menonaktifkan fitur suara pada saat startup. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkah untuk mematikan fitur suara pada saat melakukan startup :
> Klik start, lalu pilih control panel
> Pada bagian control panel, pilih bagian sounds 

> Setelah muncul windows Sounds, pilih tab bagian sound 
> Setelah itu pada bagian bawah, hilangkan centeng pada option enable system startup sound
 
 













> Setelah itu klik OK

#8 Menonaktifkan Program Startup yang tidak perlu











Banyak pengguna PC mengeluhkan bahwa PC mereka pertamakali di nyalakan sangat lambat, alasan utama yang ada begitu banyak program startup yang terstruktur untuk memulai ketika jendela dimulai. Ini disebut sebagai program startup. Untuk meningkatkan Kecepatan Komputer, hanya menonaktifkan program startup. Untuk ini, Anda perlu ke RUN dna ketikan "msconfig" tanpa tanda kutip dan menonaktifkan program yang tidak digunakan. Ini akan melumpuhkan semua program startup dan PC Anda akan terasa cepat pertama kali di nyalakan. 


#9 Menonaktifkan fitur search index 
Search index merupakan fitur yang dimiliki oleh kompter, terutama dengan sistem operasi windows yang ditujukkan untuk memudahkan usernya dalam melakukan pencarian file dan juga folder yang ada di dalam sebuah drive harddisk. Ternyat, fitur search index ini juga memberikan kontribusi dalam startup komputer yang lambat. Karena itu, melakukan penonaktifan fitur search index ini merupakan salah satu pilihan yang bisa anda gunakan utnuk membantu mempercepat startup. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur search index pada windows anda :
> Buka windows explorer
> Pada bagian my computer, klik kanan, lalu pilih manage













> Pilih services and application dan pilih sevices









> Pilih option Windows Search, klik dua kali untuk memunculkan jendela baru













> Pilih tab general, lalu pada bagian startup type pilih disabled
    OK 

















#10 Menjalankan Disk CleanUp 














Disk CleanUp membersihkan semua cache yang tidak diinginkan dari drive. Setelah dibersihkan, PC menjadi lebih cepat. Untuk pembersihan, disk cache hanya klik kanan pada drive C dan pada tab General pilih Disk Cleanup pilihan dan membersihkan semua cache.
 
#11 Cleanup Menggunakan aplikasi 









 


Ada juga beberapa software yang tersedia di internet untuk membersihkan cache disk. Misalnya CCleaner. Perangkat lunak ini membersihkan ruang yang tidak diinginkan dari komputer Anda dan membersihkan semua file yang tidak diinginkan. Dan dengan  ini kecepatan bisa lebih cepat.

 #12 Meningkatkan RAM melalui flashdisk









 
Anda dapat menggunakan USB / pen drive sebagai ram di Windows 7, 8, 10. Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.Saya akan membahas dua metode kerja di posting Cara Meningkatkan RAM Menggunakan USB / flashdisk Pada Windows 7, 8, 10 yang akan membantu Anda meningkatkan RAM menggunakan flashdisk Anda.


#13 Menghentikan Proses dari Task manager
















Task manager adalah fitur yang sangat berguna dari jendela. Anda dapat melacak setiap proses. Anda hanya membuka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESC. Dalam hal ini, Anda dapat menghentikan proses yang tidak diinginkan dengan mengklik kanan pada proses dan akhir proses itu. 

#14 Nonaktifkan ekstensi yang tidak perlu di Google Chrome 









Jika Anda merasa bahwa Browser Google Chrome Anda berjalan lambat! Kemudian Anda bisa mencoba menonaktifkan ekstensi. Studi terbaru mengungkapkan bahwa Google chrome mengkonsumsi banyak RAM dibandingkan dengan browser lain. Opera Browser bisa menjadi pilihan yang berguna jika Anda mencari untuk membebaskan beberapa RAM. 

#15 Hapus Virus, Malware, dan Trojan










Virus adalah hal yang paling mempengaruhi dalam komputer. Bahkan virus tunggal dapat membuat komputer Anda sangat lambat. Jadi untuk menghindari hal ini, Download dan Install Antivirus di komputer Anda dan selalu untuk di Update. Membuat scan rutin komputer Anda dan Bersihkan semua virus dari komputer Anda. Ini akan membuat komputer Anda berjalan cepat

#16 Defragment Hard Drive Anda
















Defragment alat yang sudah ada di OS Windows Anda secara default, jadi gunakan alat ini dan meningkatkan kecepatan komputer Anda. Dengan ini, Anda dapat defragment PC Anda. Proses Defragment sangat mudah dikelola dan Anda perlu mengikuti beberapa tips sederhana, klik kanan pada setiap drive dan pilih properti dan alat klik tab Defragment sekarang tombol di sana.


#17 Gunakan hanya 1 antivirus












Kita tau bahwa Antivirus bekerja Real Time untuk melindungi komputer kita, dengan itu semua pasti memakan RAM dan kinerja komputer yang banyak juga, oleh karena itu Anda cukup menginstal cukup 1 Antivirus saja.

#18 Gunakan harddisk jenis SSD


















SSD atau Solid State Drive merupakan teknologi baru yang merupakan pengembangan dari harddisk biasa pada umumnya. Solid state drive menggunakan chip untuk memaksimalkan fitur penyimpanan data komputer anda. Salah satu keuntungan menggunakan SSD adalah dapat mempercepat proses booting dan juga start up, karena SSD memiliki kecepatan membaca yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan harddisk biasa pada umumnya.

#19 Meminimalisir penggunaan efek visual
Semakin banyak efek visual yang digunakan, semakin bagus tampilan dekstop anda. Dan yang perlu anda garis bawahi, semakin lambat pula kinerja komputer anda bila terdapat banyak visual efek yang berjalan.

Untuk itu anda harus meminimalisir penggunaan efek visual pada dekstop anda dengan cara sebagai berikut :
Tekan logo Windows pada keyboar lalu tekan Pause Break,kemudian pilih Advanced system settings yang berada di pojok atas kiri jendela System. Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.

Pada tab Visual Effect, silakan pilih custom dan uncheck efek visual yang tidak diperlukan. Anda bisa melihat settingan efek visual yang saya gunakan yang terdapat pada gambar berikut ini. 























#20 Hilangkan gadgets pada desktop 
Gadget yang terlalu banyak akan membuat komputer Anda menjadi berat jadi buanglah beberapa gadget yang menurut Anda tidak perlu

Baca Juga :

Share this

Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan sopan dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya juga menerima kritik dan saran yang membangun atas apa yang saya post ini.
# Terimakasih Telah berkunjung di blog saya
Admin : Saepul Hadi