Contoh Tugas Praktek Biologi Kelas X
Aku Pasti Bisa

Contoh Tugas Praktek Biologi Kelas X


Contoh Tugas Praktek Biologi Kelas X - Pada sharing pelajaran sekolah ini saya ingin berbagi tugas tentang Contoh Tugas Praktek Biologi beserta Power Pointnya juga untuk teman saya yang kebetulan di buatkan oleh saya tugasnya, tugas biologi ini dibuat waktu duduk di bangku 10 SMA, daripada tidak dipergunakan lebih di share barangkali ada yang membutuhkan dapat membantu teman teman semua. Langsung saja simak tentang Contoh Tugas Praktek Biologi di bawah ini.

PENGERTIAN DAN KOMPONEN EKOSISTEM


A.PENGERTIAN EKOSISTEM


Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, jadi kita tahu bahwa ada komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik(tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem ini, kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi, contohnya saja hubungan heewan dengan air.

         

Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang terngganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga.


B.KOMPONEN DALAM EKOSISTEM

Ada 2 pembagian komponen biotik dalam suatu ekosistem, yaitu Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof,
Organisme Autotrof
adalah semua organisme yang mampu membuat atau mensintesis makanannya sendiri, berupa bahan organik dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis. Semua organisme yang mengandung klorofil terutama tumbuhan hijau daun disebut organisme autotrof.
Ada dua pembagian atas Organisme autotrof ini yaitu :
1.Fotoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi cahaya untuk mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
2.Kemoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi dari reaksi kimia untuk membuat bahan makanan sendiri dari bahan organik.

C.SATUAN MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM


Individu merupakan satu makhluk hidup, contohnya seekor burung.
Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup yang menetap disuatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan mampu berkembangbiak, contohnya sekumpulan semut.
Komunitas merupakan kumpulan dari populasi yang menempati daerah yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang.
Ekosistem merupakan kumpulan dari komunitas tadi yang melibatkan interaksi yang muantap antara makhluk hidup.

D.MACAM-MACAM EKOSISTEM





Ada dua macam ekosistem yang terbentuk di bumi kita ini, yaitu :
Ekosistem alamiah

Ekosistem ini adalah ekosicampur tangan dari manusia, oleh karena itu lah kita sebut sebagai ekosistem Alamiah. Contohnya adalah ekosistem laut dan sungai.stem yang tercipta dengan sencirinya tanpa ada




  •      Ekosistem Buatan
 Ekosistem ini merupakan yang terbentuk dengan adanya campur tangan manusia, Dibuat kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun keanekaragaman hayati di sini terbatas, karena bukan itu tujuan dari membuat ekosistem ini. Contohnya adalah sawah.

 






  • Interaksi Dalam Ekosistem

 1. Rantai  Makanan              
 




















2. Jaring Jaring Makanan

 


















F. Pencemaran Ekosistem

Ekosistem ini sebenarnya memberikan banyak keuntungan dalam kehidupan manusia, namun banyak dari kita tidak menyadarinya sehingga bertindak hanya demi kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampaknya bagi kehidup anak cucu kita, betapa tidak, banyak orang melakukan penebangan liar, pembakaran hutan, membuang limbah berbahaya ke laut, nah lihatlah dampaknya !!

Baca Juga :

Share this

Comments
1 Comments

1 comment

ini dia tugas yang saya cari.. terimakasih admin
sangat membantu sekali

Berkomentarlah dengan sopan dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya juga menerima kritik dan saran yang membangun atas apa yang saya post ini.
# Terimakasih Telah berkunjung di blog saya
Admin : Saepul Hadi